FOOD & DRINK ISLAM JAJANAN PUASA RAMADHAN UMUM

20 Menu Favorit untuk Berbuka Puasa, Mana Favoritmu?

Hi blog readers!

Bulan Ramadhan emang belum tiba, tapi aku pengen banget kasih tau kalian mengenai menu-menu favorit untuk berbuka puasa yang murah dan mudah untuk didapatkan, dijamin enak dan bikin ketagihan!

Sebelumnya aku membuat Insta Story berupa Questions di Instagram mengenai makanan dan minuman yang sangat diincar oleh teman-temanku di Instagram untuk berbuka puasa. Dan hasilnya aku mendapat 110 respon/jawaban dari teman-temanku di Instagram.

And hey! I want to thank y’all for taking time out to answer my question the other day on my Insta Story (Instagram). I am sure that y’all are busy, and I appreciate y’all taking the time to respond personally to me. Thank you again.

So artikel ini dibuat berdasarkan fakta loh! Bukan kaleng-kaleng. Mau tau apa aja 20 menu tersebut? Check this out!

Menu favorit pertama dengan jawaban terbanyak adalah sop buah. Bener banget nih sop buah tuh cocok buat menu berbuka, manis dan seger kan, pas banget buat ilangin rasa haus setelah seharian puasa.

Menu favorit kedua yang dipilih adalah air mineral. Memang menyegarkan sih dan yang pasti baik bagi tubuh yang sudah berpuasa selama seharian penuh.

Menu selanjutnya adalah gorengan. Siapasih yang gak suka gorengan? Pasti pada doyan deh, dicocol sambal, saus pedas, atau dimakan bersama cengek.

Seblak? Ya menu selanjutnya adalah seblak. Masa sih buka puasa sama seblak? Eits, jangan salah, enaknya tiada tara, karena aku sering banget tuh buka puasa senin – kamis pake seblak. Wanna try?

Menu selanjutnya adalah bubur candil. Bubur candil adalah makanan yang terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Makanan ini adalah makanan yang cukup populer di pulau Jawa. Di daerah lain di kenal dengan sebutan Biji Salak. Karena bentuknya yang seukuran biji salak. Rasanya yang manis bisa bikin kamu cepet kenyang tapi bikin ketagihan.

Menu ke enam adalah keong sawah atau sering disebut Tutut ini memang enak, dan cocok disajikan dengan kuah bumbu kuning yang pedas.

Rujak cuka? Rujak cuka ini jajanan khas Bandung yang mirip Asinan Bogor dan Asinan Jakarta. Enak banget kalo bumbuannya pedes nih. Hmmm, dan ini adalah salahsatu menu kesukaan aku all the time.

Menu selanjutnya adalah jus kurma, selain banyak manfaatnya, jus kurma ini aman menjadi menu pembuka saat berbuka puasa.

Menu selanjutnya yang menyegarkan untuk berbuka puasa adalah es pisang ijo. Es Pisang Ijo diolah dari buah pisang ambon, raja atau kepok yang sudah matang. Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan yang memberi warna hijau dan aroma pandan. Diberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal atau bubur sum-sum, disiram dengan sirup warna merah khas Makassar, dan lelehan kental manis. Setumpuk es serut atau bongkahan-bongkahan kecil es akan melengkapi penyajiannya. Nikmat bukan?

Olahan ikan yang satu ini menjadi salah satu makanan favorit kita semua, ya makanan itu adalah pempek atau empek-empek! Hampir semua orang tau kalo pempek punya cita rasa yang enak, bahkan makanan dari Palembang ini telah tersebar di hampir seluruh kota-kota di Indonesia. Rasanya yang begitu menggoda bisa bikin sebagian orang jadi suka sama pempek ini.

Setelah seharian berpuasa boleh saja menghadiahi diri dengan kue talam khas Betawi saat berbuka. Makin enak jika ditemani secangkir teh hangat. Tekstur kuenya lembut berpadu dengan gurihnya santan. Terasa nikmat hingga gigitan terakhir. Nyam!

Jajanan martabak begitu akrab di lidah masyarakat Indonesia. Salahsatunya martabak manis. Kalau martabak manis, paling akrab tentu saja martabak keju. Di bulan puasa, berbuka puasa dengan martabak bisa menjadi pilihan.

Setelah menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, tentu berbuka puasa dengan minuman menyegarkan adalah sebuah kenikmatan. Salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa adalah es teh manis. Hanya saja, apakah tidak apa-apa jika kita langsung minum teh manis untuk membatalkan puasa? Dilansir tata.web.id dari laman doktersehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa minum teh manis untuk berbuka puasa boleh untuk dilakukan. Hanya saja, hal tersebut tak disarankan jika dikonsumsi secara berlebihan. Rasa manis di dalam teh didapatkan dari kandungan gula sukrosa yang jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu kenaikan gula darah dengan cepat dan kemudian diikuti dengan penurunan kadar gula darah dengan drastis. Hal ini akan membuat tubuh terasa lemas, tidak segar, dan mudah mengantuk setelah berbuka puasa.

Begitu bedug maghrib berkumandang, sebagian orang memilih langsung makan dengan nasi saat berbuka puasa. Lantas apakah ini menyehatkan? Kalau nasi langsung, gulanya bisa kelewat tinggi, dan insulinnya muncul. Habis itu langsung lemes. Udah gitu darah lari ke saluran cerna untuk menyerap makanan, akibatnya otak kekurangan oksigen dan glukosa, jadi pada waktu Tarawihnya ngantuk. Bagusnya sih makan nasi dengan lauknya setelah Tarawih.

Menu selanjutnya adalah cireng isi. Ya, camilan yang renyah dari cireng isi ini bisa jadi teman yang pas untuk berbuka.

Menu selanjutnya adalah Mie Bakso. Kalian pasti suka mie bakso kan? Hangat dan gurihnya kuah mie bakso bisa jadi alternatif makanan untuk berbuka puasa.

Cimol adalah salah satu jajanan murah ini banyak di sukai oleh anak-anak muda, rasanya kenyal dan enak jika ditambah dengan bumbu pedas dan asin, cocok untuk dijadikan cemilan atau bahkan disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Nikmatnya menyeruput kuah bakso ikan saat berbuka puasa. Nyam! Jadi terbayang nih berbuka puasa dengan nikmatnya bakso ikan berkuah pedas.

Buka puasa dengan es teh manis? sudah biasa. Kali ini kamu wajib coba buka puasa dengan Thai Tea. Thai tea sendiri merupakan olahan teh yang berasal dari negara Thailand. Es teh berwarna oranye ini kamu bisa membelinya atau membuatnya sendiri.

Menu favorit terakhir adalah menu yang dibuat oleh orang tersayang, dia adalah Mama. Ditambah jika makanan dan minuman tersebut di santap bersama anggota keluarga lainnya, seperti ayah, kakak, adik, keponakan atau suami/istri kalian.

So ya itulah 20 Menu Favorit untuk Berbuka Puasa, yang mana favoritmu? Please enter your comment below! I love to hear your comments on this article.

Thank you for spending some time at my site and in my blog. I hope you come to visit again soon!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *