KESEHATAN REVIEW WANITA

Suntik Endrolin Bikin Lupa Ingatan?

Source: www.kalbemed.com

Hai, kali ini aku akan review mengenai pengobatan pertama untuk kista endometriosisku. Sebelumnya aku telah menceritakan mengenai kista endometriosisku pada postingan sebelumnya: Kista Endometriosis Segede Bola Sepak.

Suntik endrolin ini diklaim dapat mengobati endometriosis pada genital maupun ekstragenital (stadium 1 hingga IV). Pertama kali aku melakukan pengobatan suntik endrolin yang ditanggung oleh ASKES (BPJS). Aku melakukan suntik endrolin di RS Dustira, di Cimahi. Singkat cerita, iparku bekerja disana, jadi tanpa harus mengantri lama, aku bisa mendapatkan kamar dengan cepat. Aku merupakan anak pensiunan PNS PU, sehingga mendapatkan pelayanan ASKES kelas 1. Disana aku mendapatkan kamar kelas 1 di Ruang Perina Kencana dengan fasilitas ruang perawatan berisikan: 1 bed/kamar, kursi nakas, meja makan, sofa, almari hias, TV, AC, toilet water heather.

Disana aku hanya akan menginap semalam. Siklus selama berbulan-bulan akan seperti ini: Datang ke RS siang hari – Masuk kamar perawatan siang hari – Suntik endrolin pada sore hari – Keesokannya baru bisa pulang siang hari.

Suntikan endrolin ini hanya diberikan setiap 4 minggu atau 1 bulan sekali.

Adapun beberapa efek suntikan endrolin ditubuhku yaitu:
1. Merasakan sensasi hot flushes atau semburan panas pada tubuh
2. Keadaan penglihatan menjadi kabur
3. Mengalami pusing
4. Mengalami sakit kepala
5. Mengalami reaksi mual dan muntah
6. Merasakan nyeri di area payudara
7. Insomnia
8. Berat badan menjadi naik

Sebenarnya efek berkepanjangan dari suntuk endrolin ini adalah sulitnya bangun dari tempat tidur karena tulang belakangku yang terasa sangat tidak nyaman setelah melakukan suntik ini selama berbulan-bulan. Dan sudah jelas ketika aku melakukan suntik ini pertama kali, haidku berhenti total selama 3 bulan walau ada flek dan pendarahan sedikit setiap bulannya, namun selama 10 bulan aku merasakan MOOD SWING yang sangat luar biasa, ngerasa depresi, cemas terus dan gugup juga. Pandanganku juga tersasa kosong, lebih banyak melamun, yang menyebabkan otakku seperti kosong, kayak orang bego yang sering banget telat mikir. Terlihat seperti zombie. Dikomentarin sama temen kalo aku sekarang begini, begitu. No comment deh, mereka ga rasain apa yang aku rasain.

Saat itu aku sedang menyusun Skripsi. Selama 10 bulan diĀ  tahun 2017 sejak awal aku melakukan suntik, aku lupa dan ga inget sama sekali banyak hal soal kuliahku. Aku gak paham, kenapa bisa aku lupa dan bener-bener ga inget akan segala hal penting di dunia perkuliahanku. Bahkan aku sampai lupa aku nama konsultan perencanaan tempatku kerja praktik pada tahun 2016 lalu. Oh Allah!

Saat bimbingan skripsi pun aku terlihat sangat bodoh, aku harus mengejar progress lebih banyak namun lebih lambat dari teman-teman bimbinganku yang lain karena kondisi tubuhku yang tidak bisa diajak kompromi selepas suntik endrolin setiap bulannya, ripuh! Biarlah, oranglain tidak merasakan apa yang aku rasakan, saat itu aku tidak lagi memikirkan pendapat oranglain tentangku.

Pada saat sidang pembahasan aku bahkan sampai lupa akan segala hal mengenai Skripsiku. Astagfirullah. Aku sangat terlihat bodoh dengan lambatnya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penguji dan pembimbing. Aku lebih nampak seperti pengguna dari jasa pembuatan Skripsi, Subhanallah!

Dan setelah berbulan-bulan suntik, ternyata kistaku tetap saja tumbuh. Dokter menyerah dan memberikan opsi untuk melimpahkan kasusku ke RSHS, namun aku tidak mau. So, aku ambil keputusan untuk berhenti saja melakukan suntik endrolin ini karena tidak memberikan efek positif yang signifikan dan berhenti untuk melakukan konsul di RS Dustira. Dan aku akan memilih alternatif pengobatan lainnya dengan dokter obgyn lainnya…

Jadi, tetep pantengin terus postinganku ya! Untuk tahu kelanjutan pengobatan kista endometriosisku yang lainnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *